Para Mitra 

Kementerian Lingkungan Hidup Federal Jerman (BMUB)

Kementerian Lingkungan Federal Jerman (Bundesministerium für Umwelt, Naturschutz, Bau und Reaktorsicherheit  atau BMUB) membentuk Inisiatif Iklim Internasional (Internationale Klimaschutzinitiative atau IKI) pada tahun 2008. BMUB menggunakan IKI untuk membantu negara berkembang dan negara baru mengurangi emisi gas rumah kaca, menyesuaikan diri dengan perubahan iklim dan melestarikan keanekaragaman hayati. IKI menerima pendapatan dari lelang tunjangan emisi EU ETS (European Union – Emission Trading System), melalui Climate and Energy Fund (EKF), dan kontribusi tahunan yang signifikan dari BMUB. Investasi yang dilakukan oleh IKI memberi bantuan kepada negara berkembang dan negara baru dengan dana “baru dan dana tambahan”, yang sangat penting untuk pelaksanaan Perjanjian Paris.

WWF

Selama 50 tahun, WWF telah melindungi masa depan alam. WWF adalah organisasi konservasi terbesar di dunia, didirikan di 100 negara dan didukung oleh sekitar 5 juta USD di seluruh dunia. WWF bekerja dengan cara yang unik untuk menggabungkan visi global dengan fondasi ilmiah, serta secara aktif terlibat di semua tingkat, mulai dari lokal hingga global, dan memastikan penyampaian solusi inovatif dan idealis yang memenuhi kebutuhan orang dan alam.

Mitra Utama

WWF Indonesia dan WWF Malaysia melakukan kerja sama secara erat dengan LSM lain, instansi pemerintah dan kontraktor independen untuk mencapai tujuan proyek Heart of Borneo – Proyek Ekonomi Hijau.

Beberapa pemangku kepentingan utama kami adalah:

Indonesia, Tingkat Nasional: Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan dan menyelaraskan dukungan kebijakan dari lintas kementerian negara yang relevan dengan kegiatan Heart of Borneo dan perencanaan tata guna lahan.

Indonesia, Kabupaten Kapuas Hulu: Kabupaten Kapuas Hulu diharapkan agar mengusulkan daerah ‘Agropolitan’ untuk mendapatkan persetujuan dari DPRD dan kementerian-kementerian antar sektor.

Malaysia, tingkat federal: Kementerian Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup adalah Lembaga Nasional Malaysia yang utama untuk kepentingan Heart of Borneo.

Malaysia, negara bagian Sarawak: Dinas Kehutanan Sarawak adalah agen utama Heart of Borneo di Sarawak.